Alasan Spiritual Mengapa Kita Dilahirkan Di Tengah Keluarga Kita

Alasan Spiritual Mengapa Kita Dilahirkan Di Tengah Keluarga Kita

Alasan Spiritual Mengapa Kita Dilahirkan Di Tengah Keluarga Kita

Proses menemukan identitas sejati rohani kita melibatkan tindakan meninjau seluruh hidup kita sebagai satu cerita atau sejarah panjang, mencoba mencari makna yang lebih tinggi. Mulailah dengan menanyakan pada diri sendiri pertanyaan ini: mengapa saya lahir keluarga khusus ini? Apa tujuan yang paling mungkin untuk itu?

Sebelumnya telah dicontohkan tentang seseorang yang memiliki ayah seorang interogator. Katakanlah bahwa orang itu adalah Anda sendiri. Apa yang ayah Anda ingin perjuangkan? Beliau benar-benar percaya bahwa hidup harus dinikmati, yaitu hidup dalam kejujuran, tetapi juga memanfaatkan apa yang hidup ini tawarkan. Beliau ingin menjalani hidup seutuhnya. Apakah beliau bisa melakukan ini? Untuk beberapa hal, YA, tapi entah bagaimana beliau tampaknya selalu memiliki nasib buruk justru ketika beliau mengira akan menikmati hidup pada tingkat paling tinggi. Apakah kita lantas mengira beliau kurang beruntung? Belum tentu. Karena bisa jadi beliau hanya belum menemukan kiat atau cara bagaimana untuk menjalankannya.

Bagaimana dengan ibu Anda? Apa yang direpresentasikan (diwakili) olehnya semasa hidup?

Hidupnya adalah gerejanya. Beliau memegang teguh prinsip-prinsip Kristen. Beliau percaya akan pelayanan masyarakat dan kepatuhan pada hukum-hukum Tuhan secara harafiah setidaknya sejauh yang gerejanya ajarkan. Apakah beliau bisa meyakinkan ayah Anda untuk melakukan hal yang sama? Tidak juga. Beliau ingin agar ayah Anda pergi ke gereja setiap minggu, dan terlibat dalam program-program kemasyarakatan. Tapi ternyata sang ayah tipe orang yang semangatnya bebas dari itu.

Jadi, pernahkah kita berpikir apakah semua itu mewaris kepada Anda?

Bukankah mereka berdua menginginkan kesetiaan Anda? Bukankah itu sebabnya mereka menjadi interogator, untuk memastikan Anda tidak berpihak pada nilai-nilai yang dianut oleh pihak lain? Bukankah beliau berdua ingin Anda berpikir bahwa cara merekalah yang terbaik?

Bagaimana menurut kita cara Anda menanggapi?

Bisa jadi Anda hanya mencoba untuk menghindari mengambil sikap. Mereka berdua memantau Anda untuk memastikan apakah Anda menunjukkan kualitas cukup baik sesuai pandangan khusus mereka. Dan karena tidak mampu menyenangkan keduanya, Anda menjadi penyendiri dan mengambil jarak.

Jadi apa arti yang ibu Anda tinggalkan untuk Anda?

Anda sedang mencari makna hidup ibu Anda bagi Anda, alasan Anda lahir bagi ibu Anda, dan apa yang Anda pelajari dari keberadaan Anda di dalam keluarga. Setiap manusia, entah sadar atau tidak, menggambarkan dengan kehidupan mereka bagaimana pola pikir mereka terhadap bagaimana manusia seharusnya hidup. Anda harus mencoba untuk menemukan apa yang ibu Anda ajarkan pada Anda dan, pada saat yang sama, bagaimana hidup ibu Anda bisa (telah) berjalan lebih baik. Apa yang akan Anda ubah tentang ibu Anda adalah bagian dari apa yang Anda sendiri sedang kerjakan.

Mengapa hal ini hanya dijelaskan sebagian saja? Bagaimana dengan ayah Anda? Pertanyaan ini adalah tugas Anda untuk mencari jawabannya. Karena bagian lainnya adalah bagaimana Anda akan memperbaiki hidup ayah Anda.

Kita bukan hanya ciptaan fisik dari orang tua kita, tapi juga ciptaan rohani. Kita dilahirkan bagi dua orang ini dan hidup mereka memiliki efek yang tidak dapat ditarik kembali pada siapa kita. Untuk menemukan diri sejati kita, kita harus bersikap dan berpikir dewasa bahwa “diri kita yang sebenarnya” dimulai dalam posisi di antara kebenaran-kebenaran mereka. Itulah mengapa kita lahir di sana: untuk mengambil perspektif lebih tinggi pada apa yang orang tua kita pertahankan. Jalan hidup kita adalah tentang menemukan suatu kebenaran yang merupakan sintesis yang lebih tinggi dari apa yang kedua orang ini percayai.

4 Replies to “Alasan Spiritual Mengapa Kita Dilahirkan Di Tengah Keluarga Kita”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *